Senin, 19 Desember 2011

Kereta VS Manusia

Kereta VS Manusia?
Apa yang langsung lo bayangin kalau denger kata Kereta lawan Manusia? Emmmh tau lah, biar lo semua aja yang jawab mau kaya gimana. Tapi kalo menurut gw itu bener-bener FUCKING AWESOME guys..

Kenapa gw nulis & nanya kaya gitu, karena kali ini gw mau nulis tentang pengalaman yang gw alamin bener-bener fakta dan nyata. Pengalaman yang gw alamin engga bagus-bagus, engga jelek-jelek juga sih kalau dibilang. Karena pengalaman yang pengen gw tulis juga intinya bermanfaat buat PEMIMPIN Negara yang TERCINTA ini, So tanpa banyak bacot lagi.. Gw akan mulai cerita..

KRL/Kereta Api selintas yang ada dipikiran gw yaitu angkutan umum yang beroperasi di atas besi dan bukan yang beroperasi didarat.

Sejenak sebelum gw menjadi penikmat atau pemakai jasa angkutan umum yang extrem ini, dipikiran gw selalu berbenak rasa takut. entah kenapa rasa itu selalu muncul disaat gw melihat berita mengenai kereta api. ya karena kalau boleh dibilang kereta apai angkutan umum yang biaya ongkos sangat murah dan relatif terjangkau tetapi dibalik ongkos yang murah terdapat kekurangan yang begitu banyak. kekurangannya bisa kita lihat sendiri dari pelayanan yang sangat kurang memuaskan. Ya kalo lo ngga percaya, lo coba aja naik KRL & lo rasaian tuh kaya apa rasanya.

tapi dibalik benak rasa takut gw tersebut, gw selalu pengen menantang rasa takut gw itu dengan menjadi pemakai jasa angkutan kereta. Setelah hampir  4bulan gw menjadi pemakai jasa angkutan kereta api untuk pulang pergi ke kampus, gw pun mempunyai banyak kesan-kesan yang aneh dan unik serta rasa takut gw akan nama kereta mulai hilang begitu saja.

Kesan-kesan yang engga bakal gw lupain pertama adalah:
Gw jadi tau alasan kenapa banyak penumpang KRL EKONOMI yang naik ke Atap kereta, alasannya karena mereka terpaksa naik ke atap kereta dikarenakan gerbong kereta tidak mencukupi untuk menampung mereka. Ya walaupun perbuatan tersebut melangggar hukum dan merugikan diri sendiri. Kalo gw bilang melanggar hukum jelas melanggar lah karena itu perbuatan yang dilanggar oleh pemerintah, dan kalu merugikan diri senidiri itu lebih jelas lagi. ya kalo lo naik ke atap resiko yang bakal ditanggung adalah NYAWA, merugikan diri  sendiri kan?

waktu itu gw pernah sempet ngobrol  sama beberapa penumpang yang waktu itu naik di atap kereta bareng gw dari Stasiun Bojong:
P: Penumpang G: ya diri gw sendiri.

G: bang, tiap hari kalo naik kereta di atap mulu?
P:  Iya bos, kenapa?
G: gpp bang. Alasan naik ke atap emang knp bang?
P: Alasana ya keretanya penuh, enakan di atap bisa duduk sama selonjoran plus AC alam lagi. kalo lo dibanding dibawah udah penuh,desek-desekan,sumpek,bau keringer ada copet pula. HAHAHAHAHA 
G: Tapi kalo di atap ngga takut jatuh gitu bang?
P: Ya waktu awal gw naik ke atap sih sempet takut, tapi lama-kelamaan kagak
G: Pengalaman yg lo dapaet dari naik di atap apaan bang?
P: Pengalaman.. Ya enak aja sih, tapi ada juga penglaman yg ngga enak cuy.
G: Engga enak knp?
P: Engga enaknya gara-gara sering liat orang yg mati jatoh dari atap
G: emang sering ye bang orang jatoh dari atap kereta?
P: Ye kagak sering juga, paling yg jatoh itu mah bocah-bocah yang ngga bisa diem aje.
G: Waktu itu emang pernah liat orang jatuh diaman bang?
P: Di fly over UI (Universitas Indonesia)
G: lah kok matinya di fly over?
P: aah elo, lo liat dong tu fly over kan pendek bener jadinya kalo kita yg naik diatap terus kita lewat situ tuh harus nunduk.
G: kenapa harus nunduk?
P: bawel juga lo yeh, ya harus nunduk lah kalo ngga nunduk nanti kepala lo bakal kena tiang fly over. Lo emang mau kepala lo kena tiang fly over terus mati?
G: Ya kagak lah bang
P: Ya bagus kalo kagak, makanya lo kalo udah naik diatap ngga usah sok becicilan lah kalo lewat tuh fly over. Udah tau disitu rawan yg mati masih banyak aje yang ngga mau denger suruh nunduk.  coba deh lo perhatiin semua penumpang yg diatap kalo kereta mau lewat fly over UI pasti pada bilang AWAS YANG MASIH MAU PUNYA KEPALA, NUNDUK !! 
G: Hahaha lucu juga yeh bang.
P: lucu dari mana? bego juga lo. Udah ah banyak nanya mulu lo ah
G: yaelah bang cuma nanya dikit doang, tapi makasih ya bang atas infonya.


Setelah gw ngobrol sama abang-abang tadi, kereta yang gw naikin pun lewat di fly over UI & bener kata abang-abang tadi begitu kereta lewat fly over penumpang ada yg teriak bilang "KEPALA WOYY AWAS KEPALA" sentak semua langsung pada nunduk.
Oke ini kesan pertama gw, yaitu kalo lo naik kereta di atap dan waktu kereta lewat di Fly Over UI lo semua harus berwaspada kepada anggota tubuh lo yang bernama KEPALA.

Kesan kedua:
Kesan kedua kali ini yang gw dapet waktu naik kereta COMMUTER LINE. Yapp waktu itu gw naik kereta ini emang sengaja, kenapa gw bilang sengaja karena gw emang pengen ngerasian naikin semua kerea baik itu kereta EKONOMI maupun kereta COMMUTER LINE. Setelah gw naik kereta ini gw pun langsung ngerasain perbedaan luar biasa, luar biasa kenapa ya karena di kereta COMMUTER LINE engga ada yg namanya pedagang kaki lima yg lalu lalang ditiap gerbong dan hawa-hawa bau ketek. Lo liat aja sendiri hampir semua penumpang kereta COMMUTER LINE adalah orang-orang kantoran yg make JAS ya kalo booleh dibilang orang kaya lah . Gila ini bener-bener gila.. perbedaan yg langsung drastis gitu. emanng sih perbedaannya bisa diliat dengan kasat mata yaitu dengan harga tiket COMMUTER LINE Rp.7000 dibanding tiket ekonomi yang murah meriah Rp.2000 dan kita bisa liat juga dari keretanya sendiri. Kalo ekonomi pintunya kebuka engga ada AC sedangkan COMMUTER LINE pintu otomatis buka tutup dan ada AC. Pantesan semenjak gw pikir-pikir banyak orang yg lebih milih naik kereta ekonomi dan sampe ke atap karena faktor itu tadi yaitu harga tiket muarh. Miris bngt emang diera jaman yg sudah semakin modern masih banyak orang indonesia yg masih tergantung sama fasilitas yag terbilang murah meriah.

Kesan Ketiga:
Kesan ketiga kali ini yg gw dapet yaitu, gw kena COPET di kereta, ini emang bener-bener KAMPRET.
Dompet gw yg isinya Uang 80ribu+KTM+KTP. raip diambil si copet sialan. waktu gw kecopetan gw lagi naik kereta ekonomi yg nota bene emang isinya penumpang-penumpang .................... Ya lo tau sendiri kan penumpang apa? Eh tapi ada juga loh orang yg berduit/orang kantoran yg penghasilan cukup anik kereta EKONOMI ahahahaha lucu juga yeh.

Udah ah segini aja kesan-kesan yg gw bagi,walaupun kesannya banyak tapi kesan yg udah gw ambil ini udah masuk kepada inti dan tujuan gw nulis postingan ini.

Setelah nulis kesan, gw menjadi tau suka dukanya naik kereta bersama jutaan penumpang yang berasal dari berbagi macam kota & kabupaten. & engga lupa juga  gw pengen kasih pendapat gw yg gw dapet dari naek kerata selama ya 4bulan lah buat pulang pergi ke kampus.

Pendapat buat PT.KAI tolong lah pak dengan segala terhormat gw minta, dijaman yg modern sekarang jangan lagi dibeda-bedakan kasta orang kaya dan orang miskin. anda memberikan fasilitas kereta yg bener-bener kalau menuru tsaya kurang pantas. Baik itu dari segala kenyamanan dan fasilitas itu sendiri. Coba bapak PT.KAI dan Mentri Dinas Perhubungan naik kereta EKONOMI sebulan dan naik kereta COMMUTER LINE sebulan, gw pengen tau yg bakal lo rasain. Jangan asal enak-enak doang ngasih perintah. ditambah lagi sekarang ada sistem jalur lingkar seperti ini

Apa maksudnya coba PT.KAI nerapin jalur lingker-linker kaya gini? Yang ada kalo kata gw adanya sistem kaya gini malah bikin penumpang makin resah dengan terjadinya keterlambatan kereta datang di tiap-tiap stasiun. Mendingan kalo mau memperbaiki, perbaiki dulu keretanya baru perbaiki penerapannya.

Cukup segini bacotan yg gw mau gw sampein & sampe sini aja postingan gw kali ini. Sampe ketemu lagi di postingan gw berikutnya.



Oh iya sebelum kita akhiri postingan ini, gw mau berbagi hasil jemprat-jempret yg gw dapet dari pengalam gw naek kereta, cekiidot :


At.Stasiun UI (KRL EKONOMI) Jam 07.25


At.Stasiun Tanjung Barat (COMMUTER LINE) Jam 18.43

At.Stasiun Depok Baru (KRL EKONOMI) Jam 07.55


WASSALAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar